Samsung Rilis RDIMM 64GB dengan 16Gb Chip Untuk AMD EPYC

Post on 18 June 2018 by :

Samsung sebagai produsen memori RAM ternama mengumumkan kehadiran memori RAM untuk server, RDIMM dengan kapasitas 64GB. RAM ini merupakan yang pertama yang tervalidasi untuk bisa berjalan dengan baik pada prosesor server AMD EPYC.

Sebelumnya Samsung telah mengumumkan kehadiran 16Gbit chip yang memungkinkan untuk produksi RAM RDIMM dengan kapasitas 64GB Dual Rank. Kapasitas tersebut tentunya jauh lebih besar, dimana RAM RDIMM yang ada di pasaran saat ini hanya memiliki kapasitas 32GB, mengingat masih menggunakan 8Gbit chip.

RAM RDIMM 64GB Dual Rank dari Samsung ini kabarnya telah siap untuk diproduksi secara masal. RAM ini tidak hanya mendukung untuk digunakan pada prosesor Intel Xeon terbaru, namun juga telah tervalidasi untuk prosesor server AMD EPYC. Ini bisa dilihat dari memory clock yang hadir dengan 2666 Mhz, serta voltase hanya 1.2v yang cocok untuk AMD EPYC.

Oleh karena prosesor server AMD EPYC hadir dengan dukungan 16 Channel Memory, maka akan memungkinkan untuk mengkombinasikannya hingga 32 keping RDIMM 64 GB untuk menawarkan kapasitas memori hingga 2TB per single socket server berbasis AMD EPYC.

Samsung menyebutkan telah berkerjasama dengan HP Enterprise (HPE) dan AMD untuk validasi RAM ini dan menemukan bahwa konsumsi daya yang dihasilkan 19% lebih rendah. Konsumsi daya tersebut lebih rendah dibandingkan menggunakan 2x 32GB RAM serta mampu memberikan peningkatan performa hingga 12%, walau belum diketahui apakah berasal dari memory speed atau timming yang lebih ketat. Sayangnya, Samsung belum menyebutkan akan harganya.

Sumber : jagatreview.com

Flickr

Testimonials