Ryzen dan 7 Nanometer Jadi Andalan AMD hingga 2020

Post on 11 January 2018 by : unitedcomm

Produsen mikroprosesor Advanced Micro Devices ( AMD) mengungkap sejumlah strategi untuk menghadapi kompetitor, terutama di pasar prosesor dan kartu grafis yang lama digelutinya.

Dalam waktu dekat, AMD akan merilis sejumlah lini produk Ryzen, prosesor berarsitektur Zen yang menjadi andalannya untuk meningkatkan penjualan.
Hari ini misalnya, Selasa (9/1/2018) waktu Las Vegas, AMD akan merilis dua produk Ryzen Mobile 3, yaitu Ryzen Mobile 3 2300U dan Ryzen Mobile 2200U.
Accelerated Processing Unit yang menggabungkan CPU berarsitektur Zen dengan GPU discrete Radeon Vega itu akan melengkapi lini produk Ryzen Mobile yang telah dirilis sebelumnya, yaitu Ryzen 7 dan Ryzen 5.

Dalam kuartal pertama 2018, AMD juga akan merilis dua APU Ryzen untuk perangkat desktop, yaitu Ryzen 5 2400G dan Ryzen 3 2200G. Rencananya, dua Ryzen versi desktop itu akan dirilis pada 12 Februari 2018.

Kemudian, pada kuartal kedua nanti AMD siap merilis Ryzen Pro Mobile, chipset yang siap dibenamkan untuk menghasilkan performa level atas. Ryzen Pro Mobile siap digunakan untuk mendukung laptop enterprise, yang digunakan sebagai workstation, dan desain yang ultraporable.
“(Ryzen) ini akan mentransformasi industri. Mengantarkan performa tinggi untuk semua segmen pengguna,” kata CEO AMD Lisa Su dalam AMD Tech Day pada akhir pekan lalu (6/1/2018).

Dalam AMD Tech Day 2018, perusahaan berbasis di Santa Clara, California, Amerika Serikat itu juga mengungkap pengembangan chipset untuk arsitektur x86 yang menggunakan proses fabrikasi 7 nanometer.

Namun, pengembangan itu belum akan dirilis AMD dalam waktu dekat. AMD menyiapkan roadmap agar prosesor x86 berbasis 7 nanometer itu dapat dirilis pada 2020 mendatang.

Saat ini AMD masih menggunakan arsitektur Zen14 nm pada lini produk Ryzen. Namun, AMD siap merilis Ryzen generasi kedua pada April 2018. Generasi kedua itu dilengkapi arsitektur Zen+ yang menggunakan fabrikasi 12 nm.

Tidak hanya itu, AMD juga mengungkap pengembangan arsitektur x86 dengan proses fabrikasi 7 nm. Dalam beberapa tahun mendatang, arsitektur Zen 2 dengan fabrikasi 7 nm akan diperkenalkan, yang akan disusul dengan dirilisnya Zen 3 7 nm+.
“Desain Zen 2 saat ini dalam tahap penyelesaian. Untuk Zen 3 masih on the track,” ujar Senior Vice President and Chief Technology Officer AMD, Mark Papermaster.

AMD juga akan mengembangkan kartu grafis Radeon hingga 2020. Saat ini, AMD masih mengandalkan kartu grafis Radeon Vega dengan fabrikasi 14 nanometer. Namun, Vega 7 nm juga disiapkan AMD agar bisa dirilis dalam waktu dekat.

Meski demikian, AMD akan menyiapkan Radeon Instinct Vega 7 nm sebagai penunjang teknologi machine learning.

Selain Vega, AMD juga akan merilis arsitektur grafis Navi 7 nm dan menyiapkan Next Gen 7 nm+.
“Betapa pentingnya 7 nanometer bagi AMD. Kami percaya industri berada dalam titik di mana pengembangan teknologi sangat kompetitif,” ujar CEO AMD Lisa Su.

Sumber : kompas.com

Flickr

Testimonials