Review HP 14-BW017AU, Laptop Pemula Cocok Untuk Mahasiswa

Post on 8 June 2018 by :

Processed with VSCO with a6 preset

Buat kamu para pelajar atau mahasiswa, laptop sudah pasti sangat dibutuhkan. Laptop yang kamu butuhkan biasanya untuk mengerjakan tugas ataupun scripsi. Laptop yang paling pas buat segmen ini adalah laptop dengan harga terjangkau namun mampu menunjang segala aktivitas mereka. Seperti apa review HP 14-BW017AU? simak ulasannya.

Laptop yang tujukan kepada kelas pemula ini meski dibanderol sekitar Rp4.199.000. Meski harganya terjangkau, namun laptop ini diklaim memiliki performa yang cukup mumpuni. Dan kali ini GadgetSquad akan mengujinya untk kamu bagaimana rasanya menggunakan HP 14-BW017AU.

Laptop yang mengunggulkan APU AMD A9-9420 ini RAM 4GB. Dengan spesifikasi ini nampaknya cukup mengakomodasi pengguna yang ingin mengerjakan tugas mereka melalui laptop.Bagamana performa dari HP 14-BW017AU? Berikut adalah ulasannya:

Desain
Dari sisi desain, HP 14-BW017AU memang terbilang standart. Hal ni memang engingar harganya yang sangat terjangkau. Laptop dengan harga 4 jutaan ini dibalut dengan Warna abu-abu matte yang bertekstur. Sisi baiknya pada panel cangkang ini akan mudah kotor karena sidik jari pangguna. Dari sisi handling bentuk ini juga sangat nyaman dipegang karena membegikan grip yang tidak licin sat ditenteng.

Dengan bentang layar 14 inci, dimensi HP 14-BW017AU agak besar dengan panjang mencapai 34 cm. meski nampak besar bobot dari laptop ini masih cukup enteng, ini berkat material plastik matte yang dimilikinya hanya jadi hanya 1,9 Kg saja. Bagian dalamnya juga memiliki motif bergelombang pada bagian dalam. Pada bagian layar laptop ini nampak memiliki bezel yang masih terbilang cukup lebar.

Layar

Dibekali dengan panel LCD WLED-backlit resolusi 1366 x 768 pixel tampilan layar mampu memberikan pengalaman cukup baik. Warna yang dihasilkan pas dan nyaman dimata bahkan masih dapat dilihat dari samping ataupun sudut lainnya. HP juga menampilkan lapisan matte, agar layar tidak mudah memantulkan cahaya saat digunakan diluar ruang.

Port
Dari kelengkapan port di HP 14-BW017AU terbilang cukup lengkap. Disebelah kanan ada dua buah USB 3.1, port VGA, port HDMI, port 3.5mm audio jack, dan port RJ45. Sedangkan pada samping kanan ada satu buah USB 2.0, slot SD card, dan sebuah DVD Writer yang sudah mulai jarang ditemui pada perangkat laptop.

Keyboard
Pada bagian keyboard HP 14-BW017AU menawarkan area keyboard dengan ukuran full size. sehingga terasa nyaman untuk digunakan untuk mengetik. Bahkan saat digunakan untuk mengetik, pengguna bisa dengan lancar tanpa adanya kesalahan atau typo. Setiap tombolnya terasa mudah tertekan. Didukung pula dengan ukuran touchpad yang besar, pengguna bisa dengan lebih leluasa menavigasikan pointer.

Agar suhu laptop tetap terjaga, HP 14-BW017AU punya dua buah ventilasi sebagai lubang sirkulasi udara. Ventilasi ini ada di bawah intake untuk mengambil udara, sedangkan untuk mengeluarkan udara panas (exhaust) berada di samping kiri agar udara panas yang dikeluarkan tidak mengarah ke pengguna.

Performa
Laptop ini dibekali dengan AMD Dual-Core A9-9420 dengan arsitektur Stoney Bridge yang memiliki Dual-core CPU berkecepatan 3.0 GHz. Didukung pula dengan GPU Radeon R5 dengan 192 shader unit.
APU sendiri merupakan sebuah sytem-on-chip yang menggabungkan CPU dan GPU ke dalam satu denngan sistem ini maka kinerjanya mampu meningkatkan efiensi baik itu dalam penggunaan daya dan tempat.

APU generasi ke-7 yang digunakan pada HP 14-BW017AU ini diklaim memberikan performa 50% lebih tinggi dari generasi sebelumnya dengan penggunaan daya lebih irit juga sehingga kamu dapat menikmati konten lebih lancar dan lebih lama lagi. Dibekali pula dengan RAM 4GB, laptop ini mampu menjalankan proses navigasi dan aplikasi dnegan baik.

Pada hasil pengujian kami dengan laptop ini, hasil benchmark HP 14-BW017AU terbilang bagus. Pada saat digunakan untk bermain game PES 2017 laptop ini masih bisa digunakan, meski pengguna harus menggunakan grafik yang tertendah. Game ini bisa dimainkan dengan rata-rata framerate 30 fps. Artinya, game bisa dimainkan dengan cukup lancar.

Baterai
Dari sisi ketahanan baterai laptop ini dibekali dengan baterai Li-ion 4-cell, 41 Wh. Dengan kapasitas ini saat digunakan HP 14-BW017AU mampu bertahan hingga 4 jam dengan penggunaan standart, seoerti browsing, streaming, mengetik artikel dan bermain game.
Spesifikasi HP 14-BW017AU
Dimensi: 34 x 24 x 2.37 cm
Bobot: 1,9 kg
Layar: 14 inci HDBrightView WLED-backlit (1366 x 768)
Prosesor: AMD Dual-Core A9-9420 APU (3Ghz Up To 3.6Ghz)
GPU: AMD Radeon™ R5 Graphics
RAM: 4 GB DDR4-1866 SDRAM
Memori Penyimpanan: 500 GB 5400 rpm SATA
Baterai: 4-cell, 41 Wh Li-ion
Harga: Rp4.500.000
Drive Optik: DVD-Writer
Kamera: HP TrueVision HD Camera
Audio: Dual speakers
Port: 1x USB 2, 1x HDMI, 1x VGA, 1x RJ-45, 1x 3.5mm audio jack port, 2x USB 3.1 Gen 1, 1x SD card reader

Sumber : gadgetsquad.id

Flickr

Testimonials