Review ASUS N551Z

Post on 15 July 2015 by : unitedcomm

 

ASUS N551ZAMD punya APU mobile Kaveri yang tertinggi, yakni seri APU FX-7600P. Memiliki 12 Compute Core dengan kombinasi 4 Core CPU dan 8 Core GPU. Nah, ASUS meluncurkan N551Z yang dilengkapi prosesor itu, lengkap dengan chip grafis R9 M280x yang punya memori 4GB.

Dalam paketnya, notebook tersebut diperkuat dengan memori DDR3L 1600 MHz 8 GB. Lantas, diberi ruang penyimpanan lega dengan kapasitas sebesar 1 terra byte (TB). APU FX-7600P punya kecepatan clock 2,7 GHz sampai 3,6 GHz sehingga cocok untuk kebutuhan gamers tingkat tinggi.

Memiliki layar yang luas yakni 15.6 inch, dan didukunh layar IPS full high definition (1920×1080). Notebook ini juga mendukung API Mantle dan DirectX 12, jadi bisa lebih mengoptimalkan performa prosessor dan grafis notebook.
Desain Asyik

NOTEBOOK ini dibungkus dalam material yang solid, sederhana, tetapi mewah karena bagian dilapisi oleh aluminium. Makin mantab karena bagian itu juga memiliki pola lingkaran konsentris. Ketebalannya yang hanya 27 mm makin menambah kesan elegan, dan modern.

Salah satu nilai tambah adalah soal display IPS yang tajam dengan resolusi sampai Full HD. ASUS Splendid membuat warna yang dihasilkan tergolong bagus. Cocok buat para videografer, fotografer maupun sineas yang membutuhkan akurasi warna. Sudut pandang 178 derajat membuat layar tetap enak dipandang dari berbagai sisi.

Bagi penikmat musik, ASUS menggandeng pada SonicMaster Premium. Teknologinya mampu menghasilkan suara yang jernih dan sensasi tata suara sinematik. Istimewanya, dalam paket penjualan juga disediakan sebuah speaker mini eksternal. Jadi, mau mendengarkan musik atau menonton film, tetap punya suara yang bagus.

Untuk masalah konektivitas, ASUS N551Z dilengkapi 3 port USB 3.0 yang membuat perpindahan data semakin cepat. Untuk ekstensi monitor, bisa memanfaatkan 1 port HDMI, dan 1 port mini Display Port. Lantas, RJ45 LAN, dan SD Card reader.

BENCHMARK
PCMark 8

SEBAGAI notebook yang ditujukan pada pada gamers, ada asumsi kalau berbagai aplikasi kantoran tidak akan bermasalah dijalankan. Itu benar, berbagai ruang lingkup pekerjaan seperti fotografi, video, sampai sekadar mengetik atau tabulasi bisa memanfaatkan kencangnya prosesor ini.

AMD APU FX-7600P dan Kartu grafis R9 M280X 4 GB membuat pengujian menggunakan PCMark 8 Work Accelerated tergolong baik. Sebab, nilai yang didapat mencapai 3.723. Bekerja makin nyaman karena notebook ini dilengkapi dengan num pad. Tidak hanya itu, notebook ini juga dilengkapi backlight, jadi bisa diajak kerja dalam ruang gelap.
Cinebench R15
MELALUI software ini, muncul kesimpulan kalau ASUS N551Z bisa diandalkan untuk video rendering. Meski, tentu saja tidak untuk penggunaan professional yang membutuhkan editing tingkat tinggi. Hasil dari Cinebench R15, kartu grafis R9 M280X 4 GB mampu menghasilkan 43.75 FPS. Sedangkan prosesornya mendapatkan nilai yang juga tinggi yakni 224 CB.

GAME
Tomb Raider

TR

GAME ini biasanya menjadi momok bagi notebook meski menyertakan RAM dan chip grafis yang lumayan bagus. Hambatan utama, terjadi ketika Treex FX yang membuat rambut Lara Croft menjadi makin nyata. Tapi, APU FX-7600P dan grafis R9 M280X terbukti bisa memainkan game ini dengan lancar.

Petualangan bisa dijalankan dengan baik dalam berbagai mode grafis yang ada. Bebas, dan tentu saja silakan diaktifkan Trees FX-nya. Saat dimainkan dengan mode ultimate, rata-rata angka yang didapat adalah 19 FPS. Nilai tertinginya 26 FPS, dan terendah 3 FPS.

Kalau ingin mendapat FPS tinggi, bisa menurunkan resolusi atau ubah ke mode normal dan mendapat rata-rata 49 FPS.

FIFA 15
Fifa15

BERMAIN FIFA 15 bukan masalah yang berarti. Sebab, dalam mode high masih bisa mendapatkan nilai rata-rata 52 FPS. Nilai tertinggi yang terekam adalah 71 FPS dan terendah 18 FPS. Aksi-aksi bintang lapangan hijau dunia bisa dimainkan dengan nyaman.

Battlefield 4

bf4

GAME dengan genre first person shooter ini ramah dengan ASUS N551Z. Saat uji coba memainkan game ini secara online, tidak ada masalah dengan setting grafis tertinggi. Sebab, masih mendapatkan angka 27 FPS. Kalau ingin lebih tinggi, bisa menurunkan kualitas grafis menjadi normal, dan skor naik sampai 31 FPS.

Need For Speed: RIVALS

NFS

GAME ini juga tergolong berat buat notebook. ASUS N551Z cukup sukses menaklukkan dengan mode grafis normal. Kebut-kebutan masih nyaman karena mendapatkan angka rata-rata sampai 22 FPS. Dalam mode itu, angka tertingginya mencapai 30 FPS dan terendah 9 FPS.

KESIMPULAN

ASUS N551Z ini dibanderol mahal, Rp 12 jutaan. Tapi, harga tersebut layak dengan yang didapat. Tidak hanya handal untuk bermain game, tetapi juga mengerjakan berbagai aplikasi penunjang pekerjaan. Sebab, ditunjang prosesor terbaik yang dipadukan dengan chip grafis tinggi.

Flickr

Testimonials