Prosesor Anyar AMD Penerus Kaveri Meluncur Mei

Post on 4 May 2015 by : unitedcomm

amd_kaveri_a107800

Raksasa Chip AMD tengah menyiapkan prosesor Accelerated Processing Unit (APU) penerus Kaveri. Bahkan menurut sebuah informasi waktu peluncurannya dikatakan tak akan lama lagi yakni sekitar bulan Mei mendatang. Lantas, seperti apakah penerus Kaveri?

Berdasarkan sumber yang sama disebutkan prosesor penerus Kaveri akan menyandang sandi Godavari. Kelebihan prosesor ini dibanding Kaveri adalah telah mengusung penggunaan arsitektur core CPU bernama Excavator. Ditambah lagi AMD juga telah membekali teknologi grafis termutakhir Graphics CoreNext (GCN) 1.2 pada stream processor di chip grafisnya.

Dengan bekal tersebut Godavari dipastikan punya performa yang lebih tinggi lagi dibanding Kaveri, baik secara kemampuan komputasi maupun grafisnya. Sayang, belum ada informasi lebih lanjut soal persentase peningkatan performanya bila dibandingkan dengan Kaveri.

Seperti Kaveri, AMD juga disebut bakal membenamkan kontroler untuk menangani penggunaan RAM DDR3 dan PCIe 3.0 pada Godavari. Begitu juga soal penggunaan soketnya, dikatakan Godavari juga akan mengusung platform FM2+.

Seperti detikINET kutip dari Tech Power Up, Godavari kabarnya dipersiapkan AMD untuk melawan prosesor Broadwell bikinan Intel. Sayang pabrikasinya disebutkan masih menggunakan proses 28 nm.

Pun demikian, kemungkinan tahun 2015 ini adalah tahun terakhir AMD memakai pabrikasi 28 nm. Karena dari kabar yang beredar AMD disebut berniat merilis prosesor APU 14 nm pertamanya pada tahun 2016 nanti dengan sandi Summit Ridge.

Menariknya, AMD kabarnya bakal menggandeng Samsung untuk memproduksi prosesor 14 nm-nya itu. Tapi Samsung tak sendirian karena AMD tetap akan mempercayakan sejumlah kuota produksi prosesornya pada Global Foundries yang telah jadi rekanannya sejak lama.

Sebagai informasi, dibanding Intel, AMD memang cukup tertinggal. Pasalnya Intel sudah sejak awal tahun 2015 ini mengumumkan prosesor 14 nm. Sedangkan alasan digaetnya Samsung untuk menggarap prosesor 14 nm AMD adalah, karena perusahan Korea Selatan itu satu-satunya manufaktur chip selain Intel yang sudah sangat siap untuk mengerjakan proses pabrikasi 14 nm.***

sumber: inet.detik.com

Sumber : Detik Inet

Flickr

Testimonials