Prosesor AMD Zen Tawarkan Performa 40% Lebih Kencang?

Post on 8 May 2015 by : unitedcomm

amd-zen-002-500x282

Prosesor AMD generasi terbaru berbasiskan arsitektur CPU Zen tengah menjadi topik perbincangan panas belakangan ini. Tentu saja hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat sejumlah kalangan pengguna memang menanti-nantikan gebrakan AMD yang diperkirakan akan mampu merubah peta persaingan di pasar prosesor PC. Menariknya, kabar terbaru yang kami dapatkan ternyata membuat kami tidak sabar untuk segera menguji performa prosesor dengan proses fabrikasi 14 nm tersebut.

Sebuah slide presentasi yang ditampilkan pada ajang AMD Investor Day mengungkapkan sebuah fakta menarik. Prosesor AMD berbasiskan arsitektur CPU Zen diprediksi akan memiliki performa IPC (Instructions Per Clock) 40% lebih tinggi dibandingkan Excavator. Arsitektur CPU Excavator yang saat ini digunakan pada APU Carrizo merupakan penerus dari Steamroller pada Kaveri. Melihat perkembangan arsitektur CPU keluaran belakangan ini, pencapaian performa setinggi itu tergolong sulit diraih terlebih jika hanya melompat satu generasi saja. Jika AMD berhasilkan menghadirkan performa setinggi itu pada prosesor yang akan dirilis pada 2016 mendatang, bukan tidak mungkin perlombaan antara dua perusahaan prosesor PC terbesar di dunia akan kembali terjadi.

Salah satu kunci peningkatan performa setinggi itu tampaknya terletak pada perombakan signifikan pada desain core prosesor. Pada AMD Zen, satu core prosesor dilengkapi satu Integer Scheduler dan satu FP (Floating Points) Scheduler. Pada arsitektur CPU Excavator/Steamroller/Piledriver/Bulldozer, satu core/cluster prosesor dilengkapi dua Integer Scheduler dan satu FP (Floating Points) Scheduler. Perlu diperhatikan jika Excavator/Steamroller/Piledriver/Bulldozer saat ini memiliki konfigurasi dua hingga empat core/cluster prosesor sementara AMD Zen akan dilengkapi hingga delapan core prosesor. Prosesor AMD Zen juga akan mengadopsi teknologi SMT (Simultaneous Multithreading), serupa seperti yang dilakukan Intel pada produk prosesor mereka saat ini (Hyper-Threading). Tidak ketinggalan, performa cache prosesor juga akan ditingkatkan.

Pada berita terdahulu terungkap jika AMD akan menggunakan soket tipe terbaru untuk produk prosesor generasi terbaru mereka di tahun 2016 yaitu FM3. Menariknya, slide presentasi terbaru ternyata mengungkapkan hal berbeda. Prosesor AMD FX dan APU berbasiskan arsitektur CPU Zen akan menggunakan soket AM4. Entah apakah soket prosesor AM4 tersebut merupakan nama baru dari FM3 ataukah memang jenis soket yang benar-benar berbeda dengan FM3.

Produk prosesor AMD FX direncanakan akan dipasangkan dengan memori tipe DDR4. Sedangkan untuk produk APU akan menggunakan DDR3 atau DDR4. Bagaimana?! Tidak sabar menantikan produk masa depan dari AMD?***

sumber: jagatreview.com

Flickr

Testimonials