Prosesor AMD Zen Juga Sambangi Perangkat Mobile?

Post on 5 May 2015 by : unitedcomm

amd

Rumor akan kemunculan prosesor generasi terbaru dari AMD berbasiskan aristektur CPU Zen memang tengah santer diberitakan belakangan ini. Di prediksi akan hadir pada tahun 2016, sejumlah kalangan pengguna memang menaruh harapan besar jika AMD akan kembali mampu mengimbangi Intel seperti terjadi beberapa tahun lalu. Desktop ternyata bukan menjadi satu-satunya platform yang akan disambangi prosesor AMD Zen seperti kami beritakan beberapa hari yang lalu. Perangkat mobile seperti notebook/laptop juga akan ikut mendapatkan kesempatan.

Di tahun 2016, AMD mempersiapkan APU Bristol Ridge untuk menggantikan Carrizo. Jika APU Carrizo masih dilengkapi unit CPU berbasiskan arsitektur Excavator, maka Bristol Ridge akan dilengkapi arsitektur Zen dengan jumlah maksimal core prosesor sebanyak empat. APU Bristol Ridge juga akan dilengkapi unit GPU berbasiskan arsitektur GCN (Graphics Core Next) yang telah diperbarui dibandingkan GCN pada Carrizo. Baik APU Carrizo dan Bristol Ridge akan mendukung teknologi seperti dukungan penuh HSA 1.0, True Audio, Secure Processor, dan masih banyak lagi. Kedua APU tersebut akan hadir dalam sejumlah model mulai dari nilai TDP 15 Watt hingga yang tertinggi 35 Watt. APU Carrizo dan Bristol Ridge mengadopsi bentuk SoC (System On Chip) dengan proses fabrikasi 28 nm dan 14 nm.

Pada kelas tengah, APU Basilisk akan menggantikan Carrizo-L. Jika APU Carrizo-L dilengkapi empat core prosesor berbasiskan arsitektur CPU Puma+, maka Basilisk akan berbasiskan arsitektur Zen dengan jumlah core prosesor maksimal dua. APU Basilisk juga akan dilengkapi unit GPU terbaru berbasiskan arsitektur GCN (Graphics Core Next) seperti juga dijumpai pada Bristol Ridge. Dukungan HSA 1.0, True Audio, dan Secure Processor juga hadir pada Basilisk. Berbasiskan proses fabrikasi 14 nm dan hadir dalam bentuk SoC, APU Basilisk akan tersedia dalam sejumlah varian dengan rentang TDP dari 5 Watt hingga 15 Watt.

Lini produk kelas hemat daya dari AMD ternyata menyimpan teknologi menarik di dalamnya. Di tahun 2015, AMD akan menggelontorkan APU Amur yang dilengkapi empat core prosesor berbasiskan ARM Cortex-A57. Menariknya, prosesor yang umum dijumpai pada smartphone dan tablet tersebut dipadukan dengan unit GPU GCN. Tampaknya inilah untuk pertama kalinya arsitektur GPU GCN berpadu dengan arsitektur ARM Cortex. Tentu saja kombinasi tersebut membuat kami penasaran akan langkah AMD di tahun ini. APU Amur diproduksi dengan proses fabrikasi 20 nm dengan nilai SDP (Scenario Design Power) berada pada kisaran 2 Watt.

Di posisikan menggantikan APU Amur di tahun 2016 terdapat Styx. APU dengan dua core prosesor tersebut menggunakan unit CPU K12 berbasiskan arsitektur ARMv8-A kreasi yang telah dikostumisasi sendiri oleh AMD. Dipasangkan dengan unit GPU GCN generasi terbaru, APU Stix akan mendukung teknologi HSA 1.0 dan Secure Processor seperti produk AMD tahun 2016 lainnya. APU Styx akan memiliki nilai SDP sekitar 2 Watt dan akan dibangun dalam bentuk SoC dengan proses fabrikasi 14 nm.***

sumber: jagatreview.com

Flickr

Testimonials