Perkuat Manajemen Data Terpadu, Pelindo III Implementasikan SAP

Post on 30 March 2017 by :

infrastruktur_2016_10_11_100743_big

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) memperkuat manajamen data terpadu dengan dukungan digitalisasi dari SAP ERP powered by SAP HANA bekerja sama dengan PT Konsulindo Informatika Perdana untuk meminimalisasi potensi kehilangan produktivitas (downtime).

Sejak implementasi pada 2016, dukungan digitalisasi kepada Pelindo III, operator pelabuhan terkemuka milik negara tersebut mampu menghilangkan kompleksitas organisasi, dengan membangun sumber data tunggal yang terintegrasi dan memfasilitasi komunikasi lintas departemen yang efektif, serta meminimalisasi sistem dan beban kerja yang tidak perlu.

“Operasi bisnis kami terus berkembang, volume data baru pun terus dihasilkan. Kami menyadari bahwa perusahaan memerlukan sebuah perangkat lunak yang cerdas untuk memungkinkan manajemen yang lebih efektif bagi pelaporan, proses dan komunikasi di seluruh area perusahaan dan hubungan eksternal dengan pelanggan kami,” kata Project Manager Implementasi ERP Pelindo III Abdul Rofid melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (24/3/2017).

Abdul mengatakan Pelindo III tidak menoleransi “donwtime” yang berkepanjangan. Oleh karenanya, perseroan bekerja sama dengan SAP yang mampu memberikan manajemen data terpadu secara ‘real time’ seperti yang diperlukan perusahaan modern.

Menurut dia, demi mempertahankan tata kelola perusahaan yang baik, Pelindo III memiliki tujuan dalam mempercepat integrasi logistik dengan memberikan layanan pelabuhan berkualitas prima untuk pelanggan, baik di Indonesia maupun luar negeri.

Selain itu dengan pesatnya pertumbuhan bisnis dan jangkauan pasar perusahaan, Pelindo III merasa semakin sulit mengatasi banyaknya sumber data tanpa bantuan teknologi yang terpercaya.

Pada beberapa kesempatan, proses bisnis yang bervariasi dan sejumlah besar duplikasi data menyebabkan kericuhan di beragam departemen, serta menyebabkan hilangnya rekam jejak atas pekerjaan yang dilakukan.

Oleh karena itu, dukungan digitalisasi dari SAP ERP membantu Pelindo III untuk mengintegrasikan dan menjalankan bisnis secara real time serta memastikan perencanaan dan pengambilan keputusan yang lebih efektif.

Kegiatan operasional dan beban kerja disederhanakan dan proses bisnis diintegrasikan di seluruh divisi perusahaan termasuk keuangan, akuntansi, pengadaan barang, pemeliharaan, manajemen proyek dan sumber daya manusia.

Ada pun SAP HANA adalah manajemen data dan platform aplikasi tingkat tinggi di dalam memori yang menggabungkan pengolahan transaksional dan analisis ke dalam satu sistem tunggal.

Pelindo III yang berkantor pusat di Surabaya, itu saat ini mengelola 43 pelabuhan di 17 cabang di tujuh provinsi, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Sumber : wartaekonomi.co.id

Flickr

Testimonials