Performance Test: GTA V dengan PC Lawas Berumur 7 Tahun

Post on 20 April 2015 by :

GTAVCovers

“Apa PC saya kuat memainkan GTA V?” Pertanyaan tersebut memenuhi berbagai forum/grup diskusi IT di Tanah Air ketika Game Grand Theft Auto V(GTA V) versi PC rilis beberapa hari lalu. Tidak bisa dipungkiri, mengingat game tersebut sudah ditunggu-tunggu sejak lama, serta nantinya akan memakan ruang storage sekitar 65 GB, tentunya banyak yang khawatir bahwa PC mereka tak sanggup menjalankan GTA V. Game-game seperti Crysis 3, Watch_Dogs, dan Assassin’s Creed Unity terkenal dengan kebutuhan minimum yang luar biasa berat, dan ‘memaksa’ banyak gamer untuk melakukan upgrade. Meski menawarkan kualitas visual yang mengagumkan, kebutuhan minimum Crysis 3 yang mensyaratkan penggunaan GPU DX11-compatible membuatnya tidak bisa dimainkan berbagai gamer yang memiliki GPU cukup uzur.

Sebagai pengguna PC yang sering berurusan dengan PC berspesifikasi rendah, kami mengerti sekali berbagai kekhawatiran gamer-gamer tersebut, dan mencoba menjalankan game GTA V dengan spesifikasi sesuai dengan minimum requirement, dan menganalisa performanya.

Pada bagian prosesor, terlihat bahwa GTA V sudah membutuhkan prosesor dengan empat buah inti, dan mensyaratkan penggunaan minimal sebuah Core 2 Quad(C2Q) Q6600, atau AMD Phenom X4 9850. C2Q Q6600 sendiri merupakan prosesor quad-core yang cukup popular di jamannya, namun pada masa ini sudah cukup banyak prosesor dual-core dengan hyperthreading yang bisa menyamai atau mengungguli kemampuan Q6600.

Kemudian, dari segi GPU, GTA V meminta sebuah DX10-compatible GPU sekelas NVIDIA 9800 GT ataupun AMD Radeon HD 4870, dengan Video RAM(VRAM) setidaknya 1GB. Keputusan Rockstar untuk tetap ‘mengijinkan’ GPU-GPU lawas untuk memainkan GTA V dengan menyertakan pilihan mode API (DX10,10.1, dan DX11) patut diacungi jempol!

Dilihat dari spesifikasi minimum yang dibutuhkannya, GTA V tidak memberikan kesan ‘berat’ sama sekali, sangat berbeda dengan AC Unity yang terang-terangan menulis kebutuhan NVIDIA GTX 680 (sejujurnya agak aneh, mengingat GTX 750 Ti bisa saja digunakan). Berdasarkan komponen yang diminta, sebuah PC dengan komponen berumur 7 tahun masih sanggup menjalankan GTA V. Seperti apa performa PC lawas ketika memainkan GTA V? Kami akan mengujinya!
Berikut ini spesifikasi PC yang kami gunakan, untuk menyamai kebutuhan minimum game GTA V:
◦Prosesor: Intel Core 2 Quad Q6600
◦Motherboard: ASUS Maximus II Formula, P45 Chipset
◦RAM: Kingston HyperX DDR2-1066 CL5-5-5-18 2x2GB (total 4GB)

◦VGA: XFX AMD Radeon HD 4890 1GB GDDR5
◦SSD: Kingston HyperX 240GB
◦CPU Cooler: Thermalright Venomous X + Noctua NF-F12 fan
◦PSU: FSP Hexa 400W
◦OS: Windows 8.1 x64
◦Driver VGA: AMD Catalyst Legacy 13.4

Sebagai sebuah game modern, kami cukup terkejut saat melihat minimum system requirement yang diberikan untuk GTA V, karena kebutuhan tersebut menyebutkan bahwa sebuah PC ‘uzur’ pun bisa menjalankan GTA V. Tadinya kami cukup pesimis akan performa GTA V di sistem yang sudah berumur tersebut, namun mata kami langsung terbelalak ketika melihat bahwa sebuah game yang paling ditunggu-tunggu tahun 2015 masih bisa dimainkan dengan PC tahun 2008!

Memang, bagi beberapa pengguna yang sensitif dengan Frame per Second, 23 FPS rata-rata bukanlah angka yang menyenangkan, tapi kami tetap kagum dengan sebuah fakta bahwa game tersebut bisa berjalan di sebuah PC yang komponennya setua itu! Kami pun yakin, sebagian besar Anda yang membaca artikel ini, mungkin sudah memiliki sebuah sistem, baik desktop maupun laptop, yang jauh lebih powerful. Jika sistem dengan spesifikasi serendah yang kami gunakan bisa mendapat 23-FPS-an, kami yakin game ini nantinya akan cukup ‘ramah’ terhadap berbagai sistem grafis terintegrasi.

Keputusan Rockstar untuk membuat game GTA V bisa dimainkan oleh sebagian besar pengguna PC, dengan menyertakan mode API DirectX 10 adalah salah satu bukti bahwa Rockstar peduli dengan pengguna PC berspesifikasi rendah. Kami, sebagai pengguna PC yang sering berurusan dengan spesifikasi ‘pas-pasan’ sangat menghargai keputusan tersebut! All hail Rockstar!*** (summary)

sumber: Jagatreview.com

Flickr

Testimonials