Mitra Keluarga Pimpin Pelayanan Kesehatan Digital di Indonesia Dengan Menyediakan Perawatan Bernilai Tinggi

Post on 27 June 2016 by : unitedcomm

Rumah sakit terkemuka Indonesia hadirkan keunggulan operasional dengan SAP HANA® dan solusi pelayanan kesehatan dari PT Abyor International dan T-Systems

JAKARTA, Indonesia, 27 Juni 2016 – PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (Mitra Keluarga MIKA: Indonesia), salah satu operator rumah sakit terkemuka di Indonesia, hari ini mengumumkan bahwa mereka tengah bekerjasama dengan SAP Indonesia, PT Abyor International dan T-Systems, untuk mengimplementasi solusi dan sistem yang terintegrasi di rumah sakit mereka guna meningkatkan efisiensi operasional dan biaya serta meningkatkan pelayanan medis pasien. Tujuan diimplementasikannya proyek ini agar Mitra Keluarga dapat meningkatkan layanan dalam mengolah informasi pasien dan operasional secara real-time, sehingga dapat mempercepat pengambilan keputusan dan mengoptimalkan realisasi pendapatan.

Sejak berdirinya pada tahun 1989, Mitra Keluarga tumbuh untuk mengembangkan salah satu jaringan rumah sakit terkemuka di Indonesia dengan mengelola 12 rumah sakit di seluruh wilayah DKI Jakarta, provinsi Jawa Tengah dan Timur. Dan berencana untuk  menambahkan 6 cabang lainnya hingga tahun 2019. Sebelumnya dikenal sebagai “Rumah Sakit Mitra Keluarga,” perusahaan baru-baru ini mengkonstruksi ulang merknya sebagai “Mitra Keluarga,” sejalan dengan tujuannya untuk merealisasikan visi lembaga ke dalam kehidupan tentang “keluarga,” melambangkan transformasinya dari rumah sakit ke keluarga, yang diwujudkan dengan slogan “life.love.laughter.”

Solusi kesehatan ini  memungkinkan Mitra Keluarga menjalankan rumah sakit secara real-time termasuk solusi operasional dan klinis, yang meliputi manajemen keuangan, pengadaan, persediaan, dan pasien, serta penagihan dan catatan medis elektronik (Electronic Medical Records – EMR), serta solusi Cerner i.s.h.med dari SAP, pada platform SAP HANA®. SAP HANA adalah database in-memory dan platform aplikasi, yang mentransformasi kalkulasi bisnis yang panjang menjadi proses real-time.

Solusi terintegrasi untuk SAP Electronic Medical Record and Business Process Management ini memungkinkan Mitra Keluarga mengakses data real-time pada platform tunggal, memungkinkan satu  sumber data klinis, organisasi dan data keuangan pada titik perawatan, guna menjadikan interaksi terhadap pasien lebih personal. Sebuah contoh pusat EMR perusahaan kini telah tersedia pada berbagai perangkat mobile seperti tablet dan telepon pintar melalui SAP EMR Unwired.

Hal ini akan mempromosikan kolaborasi dan pertukaran informasi real-time yang lebih baik antara pasien dengan dokter dan perawat, untuk diagnosa pasien dan pengobatan yang lebih unggul. Solusi penagihan dari SAP juga memungkinkan tagihan lintas departemen (untuk perawatan yang berbeda) untuk dikonsolidasikan ke dalam satu tagihan utama yang membantu mengurangi kebocoran pendapatan. Aplikasi SAP® ERP yang didukung oleh SAP HANA akan mengelola sistem informasi rumah sakit Mitra Keluarga, memungkinkan untuk kelangsungan layanan, proses bisnis dan efisiensi operasional yang lebih progresif di seluruh rumah sakit mereka.

“Di Mitra Keluarga, kami berusaha untuk bekerja membantu pasien kami menerima perawatan terbaik dengan memberikan pengobatan berkualitas kepada semua pasien. Namun, hal tersebut adalah tantangan besar tanpa adanya suatu sistem informasi yang terintegrasi,” tutur Ir. Rustiyan Oen MBA, Direktur Utama Mitra Keluarga. “Dengan memanfaatkan keahlian SAP, bekerjasama dengan mitranya PT Abyor International dan T-Systems, kami berharap dapat terus memberikan pelayanan medis kelas dunia melalui penyederhanaan proses bisnis, mengurangi biaya dan mencapai pengambilan keputusan yang berwawasan serta lebih cepat. Manfaat ini memberi kami kesempatan untuk meningkatkan kualitas dan keamanan perawatan pasien, mengurangi inefisiensi dan pemborosan serta mempromosikan manajemen dan administrasi yang lebih baik dari lingkungan rumah sakit itu sendiri,” tambahnya.

Megawaty Khie, Vice President dan Managing Director SAP Indonesia, mengatakan, “SAP dikenal karena memiliki kedalaman dan keragaman pengalaman dalam mengembangkan solusi perusahaan dibidang kesehatan dan manajemen rumah sakit, dijalankan  di berbagai lokasi dengan sistem yang rumit. Pengalaman ini akan membantu Mitra Keluarga dalam memberikan pelayanan kesehatan dan pengalaman personal yang bernilai tinggi, sesuai dengan harapan konsumen kesehatan saat ini. Solusi ini juga akan menyederhanakan proses bisnis mereka, menciptakan manajemen rumah sakit yang lebih baik dan mencapai keunggulan operasional,” jelas Megawaty.

“Untuk proyek ini dan semua proyek lainnya, SAP melisensi perangkat lunak sementara mitra kami seperti PT Abyor International dan T-Systems bekerja untuk implementasi solusi. Kami bersama mitra kami, sangat gembira mendukung misi Mitra Keluarga untuk menciptakan layanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia. Ini berarti masyarakat Indonesia dapat menikmati layanan kesehatan yang lebih baik tanpa harus melakukan perjalanan ke negara-negara lain. Dalam proyek ini, kami telah menyertakan layanan MaxAttention SAP guna membantu kelancaran penyelesaian proyek, validasi komitmen kami untuk keberhasilan mereka.” Lanjutnya.

SAP telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1997 dan telah membantu lebih dari 1.000 pelanggan untuk menjalankan bisnisnya secara sederhana. Dengan perwakilannya yang terletak di Jakarta dan saat ini Surabaya, SAP mendukung ribuan pelanggan dan mitra di seluruh kepulauan Indonesia melalui rangkaian solusi teknologi informasi yang telah dikenal secara global.

Hari Tjahjono, Presiden Direktur PT Abyor International mengatakan, “Menerapkan solusi SAP for Healthcare membutuhkan pengalaman dan pengetahuan, serta pemahaman yang mendalam tentang proses bisnis rumah sakit. Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam implementasi solusi SAP untuk banyak perusahaan di Indonesia, kami sangat bersyukur dapat membantu Mitra Keluarga dalam menerapkan sistem informasi manajemen rumah sakit end-to-end dengan menggunakan solusi kelas dunia dari SAP. Dengan implementasi ini, kami percaya Mitra Keluarga akan mendapatkan keuntungan dari optimasi proses dalam organisasi, tidak hanya di belakang kantor tetapi juga dalam proses seputar perawatan pasien.”

Dengan keahlian T-Systems dalam implementasi solusi SAP for Healthcare, Mitra Keluarga akan mengerahkan sistem IT baru tersebut di salah satu rumah sakit yang dimiliki grup bisnisnya. Hal ini kemudian akan menjadi model proyek untuk disebarkan ke cabang rumah sakit yang dimilikinya di Indonesia, di mana Mitra Keluarga akhirnya akan memiliki sistem TI terpusat yang menyediakan rekam pasien yang terintegrasi secara elektronik, meningkatkan visibilitas di seluruh perusahaan untuk perencanaan yang lebih baik dan eksekusi lebih cepat. Setelah berhasil menerapkan teknologi serupa untuk rumah sakit publik dan swasta di Singapura, integrasi mulus T-Systems atas Sistem Informasi Rumah Sakit (Hospital Information System – HIS) di Mitra Keluarga memungkinkan organisasi meningkatkan efisiensi operasional, produktivitas karyawan dan menawarkan kualitas pelayanan yang lebih baik kepada pasien.

Bersandar pada infrastruktur global dari pusat data dan jaringan, T-Systems mengoperasikan sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi (ITK) bagi perusahaan multinasional dan organisasi kesehatan terkemuka. Dengan koneksi keahlian informasi dan telekomunikasi ke setiap segmen kesehatan, T-Systems telah memberikan layanan kesehatan yang inovatif dengan  telemedicine dan aplikasi e-health terbaru yang terpusat pada pasien yang berada di ujung tombak inovasi.

“T-Systems telah menerapkan sistem informasi rumah sakit bagi lebih dari 300 rumah sakit secara global, dan akan terus ditingkatkan  seperti yang kita lihat pada hari ini, lembaga kesehatan seperti Mitra Keluarga juga telah memanfaatkan keahlian kami untuk mendapatkan keamanan data pasien yang lebih unggul dan perawatan yang lebih baik melalui visibilitas real-time sepanjang proses pelayanan kesehatan end-to-end. Hal ini memungkinkan rumah sakit memiliki respon yang lebih cepat pada kebutuhan pasien dan organisasi melalui HIS yang terintegrasi secara penuh,” kata Natasha Kwan, Managing Director untuk T-Systems untuk Asia Selatan.

Flickr

Testimonials