Masa Depan Prosesor Desktop AMD Terungkap?

Post on 6 May 2015 by : unitedcomm

amd

Berita perkembangan teknologi komponen PC memang selalu menarik untuk diikuti meskipun terkadang masih belum dapat dipastikan 100% kebenarannya. Dan baru-baru ini kami mendapatkan kabar sangat menarik mengenai perkembangan prosesor AMD. Sebuah kejutan menarik terungkap pada sebuah slide presentasi yang belum lama ini beredar di dunia maya.

Pertama-tama mari kita lihat pada baris Performance dimana AMD menempatkan produk prosesor desktop terkuat mereka. Di tahun 2015, lini produk prosesor kelas “Performance” masih dihuni oleh AMD FX “Piledriver” dengan soket AM3+. Menariknya di tahun 2016, tampaknya AMD akhirnya mempensiunkan prosesor tersebut dan menggantinya dengan prosesor terbaru dengan codename Summit Ridge. Prosesor tersebut memiliki konfigurasi hingga delapan core prosesor berbasiskan arsitektur CPU Zen dan menggunakan soket tipe terbaru yaitu FM3. Prosesor Summit Ridge tersebut tampaknya tidak termasuk lini produk APU (Accelerated Processing Unit) sehingga tidak dilengkapi unit graphics card terintegrasi. Apakah prosesor tersebut dipersiapkan untuk menghadapi prosesor kelas enthusiast dari Intel?

AMD Desktop 2015-2016

Beralih pada kelas tengah, motherboard soket FM2+ akan mendapatkan penghuni baru yaitu APU dengan codename Godavari. APU tersebut masih ditenagai unit CPU Steamroller dan unit GPU GCN (Graphics Core Next) seperti ditemukan pada Kaveri. Tentu saja pengganti APU Godavari yang akan hadir di tahun 2016 terlihat lebih menarik. APU Bristol Ridge akan ditenagai unit CPU dengan empat core prosesor berbasiskan arsitektur CPU Zen. Sementara itu unit pengolah grafis terintegrasi menggunakan arsitektur GPU GCN yang telah diperbarui. APU Bristol Ridge juga akan menggunakan soket FM3 dalam bentuk SoC (System On Chip) dan telah mendukung sejumlah teknologi generasi terbaru dari AMD seperti dukungan penuh pada HSA 1.0 dan True Audio.

Sementara itu pada baris paling bawah APU Beema masih menjadi andalan AMD untuk PC hemat daya dengan ukuran ringkas. APU Beema terdiri dari unit CPU dengan empat core prosesor berbasiskan arsitektur CPU Puma dengan graphics card terintegrasi berbasiskan arsitektur GPU GCN. Di tahun 2016, APU Basilisk akan menggantikan peran Beema di kelas tersebut. Terdapat dua core prosesor berbasiskan arsitektur CPU Zen dan unit GPU berbasiskan arsitektur serupa seperti pada APU Bristol Ridge. APU Basilisk juga hadir dalam bentuk SoC dan dilengkapi dengan teknologi serupa dengan Bristol Ridge seperti HSA 1.0 dan True Audio.

Tidak sabar melihat sepak terjang produk generasi terbaru AMD yang telah diproduksi dengan proses fabrikasi 14 nm tersebut? Mampukah produk tersebut mengubah peta persaingan AMD dengan kompetitornya? Sayangnya, kita dan produk tersebut masih terpisahkan oleh waktu.***

sumber: jagatreview.com

Flickr

Testimonials