Kekuatan AMD di Laptop Acer Aspire E 15 E5-551G

Post on 27 April 2015 by : unitedcomm
Kekuatan AMD di Laptop Acer Aspire E 15 E5-551G

Kekuatan AMD di Laptop Acer Aspire E 15 E5-551G

Di zaman yang serba dinamis, semuanya menuntut pergerakan yang cepat dan waktu yang ketat, fungsi laptop atau notebook kini sudah mulai menggeser kehadiran PC. Perangkat ini kini tidak hanya untuk pengguna dengan kocek dalam saja. Kini tersedia untuk berbagai segmen, low, mid dan high.

Namun kini yang paling mainstream terjual adalah kelas bawah hingga menengah di mana pilihannya semakin banyak. Salah satu pilihan yang terbaik adalah Acer Aspire E 15 E5-551G. Hadir dengan layar berukuran 15.6″, APU AMD dengan prosesor quad core, dan GPU Radeon. Tentunya dengan spesifikasi yang ada, laptop ini mampu memanjakan penggunanya dengan kemulusan fitur produktifitas, multimedia, dan hiburan. Versi E5-551G ini hadir dengan GPU khusus bukan bawaan sehingga tentunya performanya dalam bermain game atau menjalankan aplikasi grafis.

Apakah benar ia lebih baik? Beberapa waktu yang lalu sebuah unit Acer Aspire E 15 E5-551G-T481 sempat mendarat di kandang tim Closelook Gadget BlackXperience dan kita berkesempatan untuk mencobanya dan membuat ulasannya untuk Anda pencinta gadget.
Secara desain, laptop ini tidak terlalu berbeda dengan laptop kebanyakan. Berbahan baku material plastik, laptop ini terbilang solid di beberapa bagian terutama bagian tepian, di mana terdapat kesan metal. Kesan gelap dan misterius semakin terlihat di bagian dalam, di mana beberapa elemen seperti tombol power pun di balut warna hitam metalik. Dari segi ukuran, Aspire E5-551G terbilang cukup besar karena memang kelasnya yang laptop bukanlah netbook. Dengan ketebalan 30mm, E5-551G hadir dengan bobot 2.5kg.

Acer E5-551G juga menyuguhkan port koneksi yang lengkap serta DVD drive yang tidak ada di kebanyakan notebook dengan ukuran yang lebih kecil. E5-551G dilengkapi, slot kartu memori SD, 2 port USB 2,0 dan 1 port USB 3.0, port HDMI, LAN, VGA, dan audio 3,5mm. Di bagian penutup, Acer juga membungkus E5-551G dengan bahan metal dengan logo Acer kecil di bagian samping yang memberi kesan eksklusif.

Acer E5-551G dibekali dengan layar berukuran 15,6″ terbungkus lapisan matte, dengan resolusi asli HD ready 1366 x 768. Saat dicoba kecerahan layarnya pun cukup baik dan masih terlihat nyaman digunakan dalam keadaan terang sekalipun. Sayangnya walau didorong dengan sistem operasi terbaru, E5-551 tidak mendukung layar sentuh.
Rasio kontrasnya pun terlihat cukup baik seiring dengan tingkat warna hitam . Namun dengan harga yang dipasang E5-551G mungkin lebih baik jika rasio kontrasnya dinaikkan sehingga akan terlihat lebih tajam. Sedangkan jika dilihat dari produksi warna, E5-551G menyuguhkan performa yang cukup baik di kelasnya, walau ada sedikit kesan kebiruan. Sayangnya Acer memajang panel layar jenis TN yang terkenal tidak mampu menyuguhkan sudut pandang yang maksimal. Alhasil jika dipandang dari sudut yang lebar, layar ini cenderung berubah warna bahkan pada sudut tertentu terlihat kusam. Namun tentu Anda tidak akan menggunakan laptop Anda dalam posisi miring bukan? Jadi ini bukanlah masalah besar.

Acer Aspire E5-551G masuk ke dalam kategori laptop menengah dengan harga terjangkau, walaupu begitu laptop ini mampu menghadirkan tenaga komputasi yang cukup besar untuk aktifitas sehari-hari dan juga untuk memainkan game PC kelas menengah. Ditenagai AMD Kaveri A10-7300 Radeon R6 dengan kecepatan dasar 1.8GHz yang dapat dipacu lebih jauh lagi dengan Turbo.
Saat diuji menggunakan Performance Test benchmark, skor yang dihasilkan cukup mengejutkan, di mana menghadirkan performa yang istimewa dan memang terbukti, saat kita gunakan untuk mengerjakan kegiatan sehari-hari seperti aktifitas Office, multimedia, dan browsing, kita sama sekali tidak mengalami kelambatan yang berarti. Semua berjalan mulus seperti halnya juga multitasking, di mana dengan RAM 4GB yang terbagi dalam dua slot masing-masing 2GB DDR3 SDRAM PC3-12800, semua pekerjaan termasuk bermain game dapat dilakukan sekaligus.

Kita juga dimanjakan dengan media penyimpanan yang luas dengan harddrive SATA berukuran 1TB berkecepatan 5400 RPM yang pastinya cukup untuk menyimpan data yang berlimpah. Seperti disebutkan tadi, laptop ini dilengkapi dengan GPU dedicated yakni AMD Radeon R7 M265 disamping GPU bawaannya. Tentunya dengan kartu grafis sekelas ini, E5-551G mampu digunakan untuk bermain game kelas menengah dengan konfigurasi maksimal dengan lancar. Sayangnya kita tidak tahu apakah kartu grafis ganda ini beroperasi bersamaan atau bergantian. Anda dapat melihat uji cobanya dalam video review-nya saat kita memainkan game Call of Duty: Black Ops.

Laptop ini mampu bertahan selama sekitar 6 jam tanpa melakukan proses apapun, sedangkan dengan Wi-Fi menyala, ia mampu bertahan sekitar 4 jam saja. Sedangkan untuk menonton video, dari kondisi penuh, Aspire E 15 E5-551G mampu bertahan selama kurang lebih 3,5 jam. Walau sedikit tertinggal dari beberapa pesaing sekelas, performa baterai laptop ini cukup mengesankan.
Kesimpulan

The Aspire E5-551G adalah laptop all-around yang dapat digunakan untuk segala keperluan, bahkan dapat digunakan untuk bermain game menengah. Media penyimpanan yang luas dan performa baterai yang memuaskan, seluruhnya menjadikan laptop ini pilihan yang tepat bagi pengguna kelas menengah yang mencari laptop yang mumpuni menghadang semua aktifitas. ***

Flickr

Testimonials