Fokus pada Zen, AMD Juga Menunda Peluncuran K12

Post on 13 May 2015 by :

amd

Pada acara Financial Analyst Day (FAD) kemarin, Kamis 7 Mei, AMD menjelaskan rencana mereka untuk mengembangkan chip ARM. Opteron A1100, SoC (System on Chip) yang juga dikenal dengan nama Seattle, pada akhirnya akan muncul di pasar pada semester 2 tahun ini.

Meski peluncuran SoC ini terlambat – pada awalnya mereka ingin meluncurkan SoC ini di tahun lalu – tetapi AMD tetap terlihat cukup optimistis. AMD berencana untuk menjadikan A1100 sebagai chip perintis dalam rencana AMD untuk membuat dan mengembangkan ekosistem ARM milik mereka.

Dengan A1100, AMD berharap para pengembang akan mulai terbiasa dengan teknologi yang digunakan dalam A1100 dan mulai membuat software untuk SoC tersebut. Dengan begitu, diharapkan saat AMD meluncurkan K12 di tahun 2017, sebuah ekosistem AMD ARM telah terbentuk.

Sehingga saat hardware buatan AMD muncul di pasar, ia telah memiliki software yang mendukungnya. K12 adalah sebuah ARM CPU yang dikembangkan bersamaan dengan Zen. Pada awalnya, AMD berencana untuk meluncurkan K12 di tahun 2016.

Meski begitu, keputusan AMD untuk fokus pada pengembangan Zen mengharuspkan mereka untuk menunda rencana ini hingga tahun 2017. AMD mengatakan, tidak ada perubahan dalam cara mereka mengembangkan K12.

Segala aspek dari Zen yang AMD rasa sukses akan diintegrasikan pada K12. Tentu saja mereka juga akan melakukan beberapa penyesuaian mengingat Zen adalah sebuah chip berbasis x86, sementara K12 adalah chip berbasis ARM.***

sumber: teknologi.metrotvnews.com

Flickr

Testimonials