AMD Ungkap Teknologi FreeSync-nya Lebih Baik dari Nvidia

Post on 23 March 2015 by :

amd-ungkap-teknologi-freesync-nya-lebih-baik-dari-nvidia-ikLnohZF2T

Produsen chipset asal Amerika Serikat, AMD, mengungkapkan bahwa teknologi G-Sync negatif pada Nvidia akan memengaruhi FPS pada layar monitor. Hal tersebut mereka ungkapkan saat mengumumkan empat monitor baru dengan dukungan FreeSync kembangannya.

Sumber informasi menyebutkan bahwa AMD menyatakan teknologi G-Sync memengaruhi FPS sebesar 1,14 persen. Sedangkan teknologi kembangannya dapat meningkatkan pengaruh FPS mencapai 0,16 persen. Demikian seperti dikutip dari Maximumpc, Jumat (20/3/2015).

Pihak perusahaan mengungkapkan, hasil tersebut merupakan temuan dari penelitian yang dilakukan perusahaan. Menurut pihak AMD, pengguna dapat menonaktifkan FreeSync pada monitor atau syn adaptif tanpa memberi dampak besar. Sementara G-Sync Monitor tidak dapat mematikan fitur Vsync sehingga mengurangi latency mouse.

FreeSync yang dikembangkan perusahaan tidak akan memerlukan modul eksklusif, serta tak akan dikenakan biaya lisensi penggunaan karena bersifat open source. Pengguna bisa menggunakan DisplayPort yang kompatibel dengan fitur standar monitor (audio, scaling, OSD), dan memiliki berbagai refresh rate of dari 9 hingga 240 hertz (Hz).

Berbeda dengan teknologi G-Syn yang dikembangkan Nvidia, menurut AMD, teknologi yang dikembangkan kompetitornya ini memerlukan modul proprietary, biaya perizinan, tidak open source, dan memiliki jangkauan refresh rate dari 30 hingga 144 Hz.

Menurut pihak AMD, ada empat monitor yang memiliki teknologi FreeSync kembangannya sendiri, salah satunya adalah LG 29UM67 dengan dimensi 26 inci yang dibanderol sekira USD449. Kemudian dari Acer dengan seri produk XG270HU dimensi 27 inci dengan panel LCD IPS yang dibanderol sekira USD499.

Sedangkan seri lainnya adalah BenQ XL2730Z dimensi layar 27 inci dengan harga USD599 dan LG 34 inci dengan nomor model 34Um67 dan seri ultrawide lainnya dari keluarga seri yang sama dengan nilai rate lebih tinggi 49-75Hz dengan banderol USD649.***

sumber:techno.okezone.com

Flickr

Testimonials