AMD Ryzen Mobile Siap Hadir Untuk Hancurkan Dominasi Intel

Post on 20 September 2017 by : unitedcomm

Intel mungkin saat ini masih menguasai pasar prosesor untuk mobile, apalagi kehadiran seri Kaby Lake-R dan Coffe Lake yang siap menanti tidak lama lagi bisa memberikan nilai kekuatan tersendiri. Namun Intel masih belum bisa tenang, karena kehadiran AMD Ryzen Mobile yang juga akan hadir sebentar lagi akan mengubah segalanya. Kehadirannya bisa menjadi mengubah ajang peperangan yang seru, yang bisa juga mengubah peta dominasi Intel, apalagi AMD Ryzen Mobile siap hadir dengan kekuatan jumlah core yang jauh lebih unggul.

Dan baru-baru ini kami mendapatkan kabar terkuaknya bagaimana kinerja salah satu AMD Ryzen Mobile untuk kelas mid-end Ryzen 5 2500U memiliki performa yang jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan seri APUs terbaik dari AMD saat ini A12-9800B. Kabar ini kami dapat dari situs Wccftech yang memperlihatkan bagaimana performa Ryzen Mobile yang cukup meyakinkan. 

Prosesor tersebut mampu unggul dalam kinerja single-core dan multicore dengan skor yang cukup meyakinkan hingga 9723 dalam benchmark Geekbench 4, dan ia setara dengan prosesor Intel Core i7 seri U atau bahkan sedikit hampir sama dengan seri Quad core generasi kaby lake. Berbeda halnya dengan prosesor A12-9800B yang hanya menghasilkan performa multicore dengan nilai 9800B.

Generasi Terbaru AMD Ryzen Mobile
AMD Ryzen 5 2500U merupakan salah satu bagian seri prosesor mobile yang akan dihadirkan untuk jajaran produk laptop. Prosesor ini bisa menjadi bagian dari laptop mainstream dengan anggaran yang cukup terjangkau, dan akan bersaing langsung dengan seri Core i5 7200u dan yang terbaru yakni Core i5 8200U dengan fitur quad corenya. Ryzen 5 2500U sendiri merupakan prosesor Quad core dengan jumlah 8 thread yang cukup menjanjikan. Prosesor ini akan hadir dengan tingkat clockspeed 2.0Ghz dan masih belum diketahui spesifikasi lainnya. Hanya saja, ia akan membawa GPU Radeon Vega sebagai salah satu GPU bawaannya dengan menjanjikan performa yang jauh lebih baik untuk urusan gaming.

Prosesor ini akan memiliki jumlah L3 sebesar 4mb serta merupakan bagian dari arsitektur Raven Ridge. Dan untuk mendukung kinerja yang lebih baik, ia juga akan hadir dengan dukungan memori DDR4 serta diproduksi berdasarkan process node 14nm yang sama dengan seri desktop. Hasilnya, nilai TDP yang dihasilkan mungkin akan jauh lebih kecil, walaupun masih belum ditentukan bagaimana kepastian mengenai hal tersebut.   

Prosesor ini tampaknya akan dirilis pada akhir tahun 2017 dan ini merupakan bagian pertama dari seri prosesor Ryzen mobile yang akan hadir. Kita sebagai konsumen mungkin akan melihat kehadiran dan pilihan variasi yang lebih baik serta kinerja yang jauh lebih menjanjikan. Apalagi kehadiran dari Intel Kaby Lake S sudah siap didepan mata dengan beberapa vendor dan mitra kerja Intel sudah siap hadir dengan beberapa laptop terbarunya.

Sumber : murdockcruz.com

Flickr

Testimonials