AMD Persiapkan Ryzen Threadripper Dari Pinnacle Ridge

Post on 14 March 2018 by : unitedcomm

Bocornya slide roadmap AMD untuk Pinnacle Ridge memberikan kita sedikit bayangan bagaimana memposisikan prosesor mereka dipasaran. Melalui slide ini disebutkan bahwa generasi kedua dari Ryzen Threadripper akan diluncurkan tahun ini. Threadripper generasi kedua ini kemungkinan besar akan menggusung silicon 12 nm dengan kode nama “Pinnacle Ridge” dan akan komptibel dengan motherboard yang menggunakan chipset X399 melalui BIOS update.

Banyak yang menganggap bahwa Threadripper hanyalah sebuah one-hot-wonder yang bertujuan untuk memukul Intel di area High End Desktop (HEDT). Slide ini secara tidak langsung mengkonfirmasi rumor bahwa lini Threadripper akan di update setiap kali terjadi perubahan micro arsitektur.

Tahun 2019 penerus “Pinnacle Ridge” akan hadir dipasaran. Penerus ini akan menyandang nama “Mattise”. Sedangkan di arena HEDT, 2019 akan menyambut kedatangan prosesor dengan kode nama “Castle Peak”. Untuk APU, “Raven Ridge” akan diikuti oleh “Picasso” yang akan hadir tahun 2019.

Tahun 2020 AMD akan memperkenalkan prosesor baru socket TR4. Pada saat ini prosesor ini hanya dikenal dengan nama NG HEDT atau Next Gen High End Desktop. Untuk socket AM4, 2020 akan menyambut kehadiran “Vermeer” untuk CPU dan “Renoir untuk APU.

Mencermati slide ini, terlihat AMD menggunakan cyle Inflection dan Optimization untuk prosesornya. Inflection memperkenalkan teknologi baru dengan CPU baru dan Optimization menghadirkan optimalisasi untuk teknologi tersebut. Proses ini mengingatkan kita dengan cylce Tick-Tock yang dahulu digunakan Intel.

Sumber : jagatreview.com

Flickr

Testimonials