AMD Ingin Bangkit dengan Pabrikasi 16 nm

Post on 18 January 2016 by :

amd

Dibanding Intel, perusahaan Chip AMD cukup tertinggal. Pasalnya, ketika Intel sudah mengandalkan pabrikasi 14 nm, AMD masih bertahan dengan 28 nm. Namun di tahun 2016 ini AMD dipastikan bakal mengejar ketertinggalannya dengan pabrikasi 16 nm.

Memang masih belum bisa menyamai Intel, tapi buat AMD bisa dibilang ini adalah lompatan yang cukup besar. Penggunaan pabrikasi 16 nm diyakini bakal mampu memberikan peningkatan performa yang signifikan dibanding pabrikasi 26 nm, baik dari sisi CPU maupun GPU.

Pabrikasi 16 nm memungkinkan AMD memberikan peningkatan lebih di sisi grafis. Sedangkan di sisi prosesor, pesaing Intel ini bisa melakukan penambahan instruksi prosesor, meningkatkan kapasitas L2 cache, dan memanfaatkan kontroler memori dengan makin efisien.

Kabarnya AMD akan menamai chip 16 nm besutannya dengan sandi Polaris, yang sekaligus menjadikannya sebagai generasi keempat pengusung teknologi Graphics Core Next. AMD juga disebut akan menyodorkan fitur High Bandwidth Memory 2 di chip Polaris.

AMD sendiri mencatatkan pemasukan yang kurang baik di 2015. Dengan kelebihan yang dimiliki Polaris, perusahaan chip ini berharap bisa kembali bangkit dan bersaing dengan rivalnya untuk 2016.

Sayang, belum ada informasi kapan tepatnya produk dengan chip Polaris pertama dirilis. Namun pastinya AMD akan melakukannya di sekitar semester I 2016. Seri kartu grafis anyar Radeon 400 disebut-sebut akan jadi perangkat pertama yang menggunakan Polaris. Demikian seperti detikINET kutip dari VR-Zone, Senin (4/1/2016).

Sumber : inet.detik.com

Flickr

Testimonials